Fakultas Teknik

Pimpinan Fakultas Teknik

Dekan : Ir. Indra Hasan, MT
Wakil Dekan : Dedi Darmawan, ST, MT
KA. Prodi Teknik Otomotif (D3) : Ir. Jusnita, ST., MT
KA. Prodi Teknik Mesin (S1) : Abrar Ridwan, S.Si, ST,MT.
KA. Prodi Teknik Industri (S1) : Satriadi, ST,M.Eng
KA. Lab. Teknik Otomotif : Ir. H. Japri, MT
KA. Lab. Teknik Mesin : Sunaryo, ST, MT
Kepala Tata Usaha : Khairul Amri, SE

Sejarah Singkat Berdirinya Fakultas Teknik

          Keberadaan Akademi Teknologi Otomotif Muhammadiyah (ATOM) sebagai cikal bakal Fakultas Teknik merupakan modal awal berdirinya Universitas Muhammadiyah Riau dengan sebuah program studi Teknik Otomotif dengan tahapan sejarah mulai dari tahun 1993 sampai tahun 2008.

          Dimulai atas prakarsa oleh beberapa dosen Akademi Teknologi Muhammadiyah Pekanbaru dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Riau sehingga dengan berbagai macam pertimbangan maka, pendirian Akademi Teknologi Muhammadiyah Pekanbaru dapat dimulai pada tahun 1993, dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Mendikbud R.I. Nomor. 90/D/O/1993 tanggal 23 Juli 1993, dengan Program Studi Teknik Otomotif D3.

          Setelah mengalami perkembangan dengan segala keterbatasan dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penyelenggaraannya selama 15  tahun, Akademi Teknologi Muhammadiyah bersama Akademi Keuangan dan Perbankan (AKPM) dan Akademi Keperawatan (AKPER) Muhammadiyah memperoleh persetujuan Mendiknas  R.I. melalui Surat Keputusan Mendiknas RI Nomor. 94/D/O/2008, tentang  Pengembangan Program Studi di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Riau menjadi Universitas yang diberi nama Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI).

          Sejalan dengan perkembangan tersebut upaya-upaya berupa rintisan fakultas semakin diintensifkan dengan memulai memprogramkan tenaga pengajar untuk studi lanjut S2 dan S3, pembenahan manajemen, pengadaan peralatan laboratorium, dan studio, sebagai suatu syarat berdirinya Fakultas Teknik, sehingga Fakultas Teknik pada awalnya mempunyai  3 program studi yaitu;

o  Program studi Teknik Otomotif (D3)

o  Program studi Teknik Mesin (S1)

o  Program studi Teknik Industri (S1)

          Mulai tahun 2008 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Riau berbenah diri dan dengan upaya dan kerja keras Pimpinan Fakultas Teknik beserta Tim Promosi Fakultas sehingga sampai sekarang Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Riau telah mencapai jumlah 83 orang.

          Untuk menunjang program tri dharma perguruan tinggi maka Fakultas Teknik saat ini memiliki staf pengajar yang terdiri  atas S1=7 orang, S2=12 orang, S3 = 1 orang, staf administrasi 2 orang, laboran dan teknisi  2 orang.

Visi

           Menjadikan Fakultas Teknik sebagai lembaga pendidikan penghasil Engineer yang handal, unggul dalam IMTAQ yang mengutamakan skill dan mampu bersaing serta berdayaguna dimasyarakat tahun 2030.

Misi

  1. Melaksanakan proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat memenuhi perkembangan industri
  2. Pembentukan akhlak untuk menjadi Engineer yang bermarwah dan bermartabat
  3. Pemanfaatan sumber daya dibidang teknologi melalui kerjasama dengan stakeholder
  4. Mengembangkan mutu pelayanan program studi yang mengutamakan akuntabilitas dan demokratisasi melalui komitmen, komunikasi dan kerjasama

Tujuan

  1. Menguasai ilmu pengetahuan dasar dan teknologi dari prinsip-prinip keilmuan.
  2. Memahami metode-metode teknik dan kompetensinya dalam aplikasi, menyangkut :
    1. Pengetahuan terhadap faktor-faktor interaksi dalam proses dan sistem.
    2. Kemampuan untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar terhadap situasi baru.
    3. Keahlian dalam membuat perkiraan dan dalam memilih pendekatan terhadap permasalahan.
    4. Kemampuan untuk membuat penilaian teknik yang berintuasi.
    5. Memiliki kemampuan berfikir yang panjang dan keaslian dalam merencanakan suatu peralatan bagi suatu tujuan yang telah ditentukan.
    6. Pemahaman terhadap penganalisis  elemen biaya dan berkemampuan dalam hal dan faktor-faktor teknologi.
  3. Mampu untuk memilih keputusan penting dalam masalah teknik dan merepresentasikan dengan jelas dan tepat.
  4. Tertarik secara terus-menerus dalam pengembangan pofesi yang lebih jauh.
  5. Mampu Mampu untuk menghadapi perubahan teknologi yang cepat, saat  harus belajar lagi fakta – fakta bahkan prinsip secara cepat dan efektif
  6. Pengenalan terhadap perubahan kebutuhan stakeholder.
  7. Kualitas kewirausahaan.