Fakultas MIPA dan Kesehatan

Pimpinan Fakultas MIPA dan Kesehatan

Dekan : Wiwik Norlita, A.Kep, M.Kes
Wakil Dekan : Yeri Badrun, S.Si, M.Si
KA.Prodi Fisika : Sri Fitria Retnowati, S.Si
KA.Prodi Keperawatan : Ns. Trisiwi KN, S.Kep
KA.Prodi Kimia : Juprizal Sahri, S.Si, M.Si
KA.Prodi Biologi : Elsie, M.Si
KA. Lab. Fisika : Rika Putri, S.Si, M.Si
KA. Lab. Keperawatan : Ns. Yeni Arnita, S.Kep
KA. Lab. Kimia : Rahmiwati Hilma, S.Si
KA. Lab. Biologi : Wirdati Irma, M.Si
Kepala Tata Usaha : Ramadona Ervayulianto, A.Md

Sejarah singkat fakultas

Fakultas Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Kesehatan didirikan bersamaan dengan pendirian Universitas Muhammadiyah Riau melalui SK. Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 94/D/0/2008

Tanggal 5 Juni 2008 Tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi Baru dan Penggabungan Akademi Otomotif, Akademi Keuangan dan Perbankan, Akademi Keperawatan Muhammadiyah Riau menjadi Universitas Muhammadiyah Riau diselenggarakan oleh BPHPT Muhammadiyah Riau.

Fakultas MIPA dan Kesehatan yang merupakan penggabungan tiga buah jurusan baru (Fisika, Kimia dan Biologi) dan satu jurusan yang terdahulu serta telah dikenal masyarakat Riau sebagai D3 Keperawatan Akademi Keperawatan (AKPER) Muhammadiyah, dengan maksud bukan menghilangkan AKPER sebagai institusi, akan tetapi justru ikut mengembangkannya menjadi lebih besar dan lebih berdayaguna dengan mengkomposisikannya dengan MIPA yang merupakan ilmu dasar bagi seluruh rumpun ilmu dunia.

Visi

Menjadikan Fakultas MIPA dan Kesehatan sebagai suatu lembaga pendidikan yang bermarwah dan bermartabat dalam menghasilkan lulusan yang menguasai Sains dan Kesehatan yang berimtaq berbasiskan Islam yang sebenar-benarnya.

Misi

  1. Mewujudkan keunggulan di bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berbasiskan kepada keilmuan MIPA dan Kesehatan.
  2. Menguasai dan mampu memanfaatkan IPTEK dalam setiap kegiatan di bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.
  3. Aktif menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilandasi oleh moral dan semangat Al-Islam Kemuhammadiyahan.
  4. Aktif menciptakan iklim yang kondusif dalam menumbuh-kembangkan budaya mutu, pengembangan IPTEK bebasis MIPA dan Kesehatan serta penerapan IMTAQ Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam kehidupan akademik dan luar akademik.

Tujuan

  1. Menyiapkan mahasiswa FMIPA dan Kesehatan menjadi sarjana yang islami dalam penguasaan kemampuan akademik di bidang MIPA dan Kesehatan yang professional, bermarwah dan bermartabat yang mampu beramaliah dalam keilmuannya guna mewujudkan masyarakat yang madani dalam naungan keridhoan Allah SWT.
  2. Mengamalkan, mengembangkan, menciptakan dan menyebarluaskan IPTEK berbasiskan keilmuan MIPA dan Kesehatan yang berbudaya islami dalam rangka memajukkan peradaban dan kesejahteraan umat manusia.