Mahasiswa MIPA & Kesehatan PKL ke Tapung

PEKANBARU-Sebanyak 83 orang mahasiswa Jurusan Keperawatan Fakultas MIPA dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Kamis (8/1) pagi diberangkatkan ke lima desa  di Kecamatan Tapung, melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Prosesi pelepasan di gedung Rektorat Umri langsung dipimpin oleh Kepala Biro Akademik Umri,  Misral SE MM dengan dihadiri Dekan FMIPA dan Kesehatan, Dr H Mubarak M.Si.

Dalam sambutannya, Misral menyampaikan kepada mahasiswa untuk tetap menjaga nama baik Umri ketika berada  di lapangan. Hendaknya para mahasiswa bisa mengaktualisasikan pelajaran-pelajaran yang telah didapatkan di bangku kuliah untuk dipraktek di dunia nyata.

“Kami mengimbau kepada para mahasiswa  untuk bisa menyesuaikan diri dengan kondisi budaya masyarakat tempatan. Kami yakin, tempat yang akan anda datangi merupakan tempat baru yang secara nyata memiliki kultur yang berbeda,” ucapnya.

Dekan Fakultas MIPA dan Kesehatan Umri, Dr Mubarak M.Si langsung mengantarkan 83 mahasiswa ini ke Tapung. Bertempat di Kantor Kecamatan Tapung, rombongan langsung disambut oleh Camat Tapung Drs H Andiar beserta lima orang kepala desa, di mana tempat PKL berlangsung.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pak Camat yang telah bersedia menerima kami untuk melaksanakan PKL di Kecamatan Tapung. Kami berharap mahasiswa kami bisa dibimbing untuk mendapatkan pengalaman di lapangan yang tidak mereka dapatkan di bangku kuliah,” ucap Mubarak.

Camat Tapung, Drs H Andiar menyambut baik kedatangan mahasiswa keperawatan Umri ke Kecamatan Tapung. Menurutnya, masih banyak desa-desa di Tapung yang memerlukan bimbingan ataupun motivasi untuk selalu hidup sehat.

“Dengan senang hati, kami menerima kedatangan mahasiswa Umri untuk melaksanakan PKL di Kecamatan kami. Untuk diketahui, Tapung memiliki 25 desa dengan komposisi beberapa desa diantaranya merupakan ekstransmigrasi. Kami berharap, kehadiran mahasiswa di desa tersebut bisa memacu pembangunan desa,” ucapnya.

Ketua Pelaksana PKL, Khairil Amri SKM mengatakan, mahasiswa-mahasiwa ini akan disebarkan di lima desa di Kecamatan Tapung, yakni Desa Sei Putih, Pincuran Gading, Pagaruyung, Sibuak dan Kinantan.  Selama lebih kurang satu bulan para mahasiswa ini bermukim di lima desa ini untuk melaksanakan praktek kerja lapangan.

“Mereka akan melakukan asuhan keperawatan, diagnosa penyakit masyarakat serta membantu masyarakat dalam berbagai kegiatan social,” ungkapnya.(*)