UMRI Gelar Pelatihan Mekanik SMK se-Pekanbaru

Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) menggelar pelatihan mekanik sepeda motor bagi siswa SMK se-pekanbaru. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjawab tantangan kenyataan  masih banyaknya lulusan SMK di Pekanbaru khusuny yang masih sulit mendapatkan pekerjaan, akibat kurangnya keahlian yang dimiliki.

Pelatihan yang dilakukan oleh program studi (prodi) D3 otomotif ini, di ikuti sebanyak 10 SMK se kota pekanbaru, sabtu 22 janurai 2011 lalu di Auditorium UMRI, menurut Ketua Panitia Ir jusnita, kegiatan ini bertujuan menerapkan ilmu (teori) yang didapat mahasiswa D3 Otomotif dengan mengajarkan secara langsung kepada siswa SMK se Kota Pekanbaru.

“ kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa enterpreuner di kalangan siswa. Namun tak kalah pentingnya, pelatihan ini sebagai ajang untuk mempromosikan keberadaan D3 Otomotif dan UMRI dilakangan siswa SMK Se-kota Pekanbaru,” ujarnya.

Jusnita menambahkan, skill dan keterampilan menjadi  penentu memasuki dunia kerja. Untuk itu, Fakultas Teknik melalui prodi D3 Otomotif akan menjadikan kegiatan ini menjadi program tahunan. “lewat kegiatan pelatihan mekanikan ini, kita ingin bersinergi dengan SMK se-Kota Pekanbaru, “timpalnya”

Sementara itu, dekan Fakultas Teknik UMRI, Ir Indra Hasan MT, mengatakan, industri otomotif di indonesia berkembang pesat, termasuk pekanbaru. Hal ini seiring dengan kemajuan Indonesia dibidang teknologi, industri dan ekonomi. Sehingga penggunaan mesin pembangkit energi dan otomotif, sebagai alat transportasi untuk menunjang kegitan di sektor swasta dan pemerintah pun semakin meningkat.

“seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat terhadap kendaraan bermotor, maka tenaga-tenaga terampil dan siap pakai sangat dibutuhkan “ ujar Indra.

Sementara, Rektor UMRI, M. Diah mengatakan, pendidikan saat ini sudah mengarah ke konsep kapitalistik, yang hanya mencetak orang-orang yang unggul dari aspek kognitif, tapi nihil dari muatan nilai-nilai baik agama maupun sosial. Sehingga keterpaduan oleh rasa, pikir, karya dan karsa perlu keseimbangan.

“Untuk itu, kita hadir dengan memadukannya dengan mengusung Visi bermarwah dan bermartabat” ucap jebolan University Of Illionis at Urbana ini.