UMRI Tuan Rumah MTQ Mahasiswa Se-RIAU

Mahasiswa sebagai agent of change sudah selayaknya membekali dirinya dengan bekal ilmu pengetahuan yang dapat membantu dan menunjang dirinya untuk melakukan proses perubahan di dalam kehidupan masyarakatnya.

Ia merupakan motor yang akan mempraktekkan setiap ilmu yang diperoleh di perguruan tinggi tempat menuntut ilmu. Pada saat yang sama ia pun menjadi figur teladan dalam berprilaku di tengah masyarakatnya.

Dari hal ini maka tentu saja diperlukan penanaman nilai yang baik dan benar, dan nilai tersebut bekal yang harus dimiliki setiap mahasiswa muslim yang akan diperolehnya malalui nilai – nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an.

Oleh sebab itu, perlu dilakukan upaya khusus yang dapat mendorong para mahasiswa muslim untuk mencintai Al-Qur’an, mendorong untuk memahami isinya, dan merealisasikan pemahaman tersebut di dalam kehidupannya.

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiwa Tingkat Provinsi ini merupakan momentum yang baik dalam melakukan upaya mendekatkan dan mendidik mahasiswa dan civitas akademik kearah kehidupan yang mulia. Acara ini merupkan salah satu program dari Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Riau (Umri).

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa muslim senantiasa bangga akan nilai-nilai Al-Qur’an yang digalinya, baik keindahannya maupun nilai ajarannya.

Acara berlangsung pada tanggal 19 Juni s.d 21 Juni 2009 yang betempat di “Majid Al-Fida’. Kampus Universitas Muhammadiyah Riau” Adapun kontestan untuk acara MTQ Tingkat Provinsi ini adalah Perwakilan mahasiswa dari 11 perguruan tinggi se-Riau yang diutus oleh masing-masing perguruan tinggi.

MTQ ini memperlombakan tujuh cabang antara lain Tilawatil Qur’an, Tartil, Syahril, Khattil, Fahmil, Hifzil dan karya tulis Ilmiah yang membahas isi kandungan Al-Qur’an, demikian ujar ketua panitia Ir.Indra Hasan, MT.  (Humas)