Mahasiswa UMRI Hasilkan Inovasi Alat Pendeteksi Banjir dan Smart Mikroskop

Mahasiswa Fakultas Mipa & Kesehatan menggelar pameran teknologi tepat guna di kampus Univertas Muhammadiyah Riau, rabu (20/5).

Teknologi yang dipamerkan adalah Alat Pendeteksi Banjir dan Smart Mikroscop.  Alat Pendeteksi Banjir t dapat mendeteksi ketinggian permukaan air dan mengukur curah hujan yang terdapat di daerah tersebut. Alat ini mempunyai kelebihan tentang lamanya durasi banjir, lebih real time dan peringatan tentang banjir dikirim melalui short message service (SMS).

Dengan demikian masyarakat disekitar daerah rawan banjir tersebut bisa mengevakuasi diri, keluarga dan barang-barang berharga lainnya, ujar Sri Fitria Retnowati, S.Si yang di dampingi Dr. Mubarak, pembimbing pembuatan alat tersebut.

Sedangkan, Smart Mikroscop merupakan cara baru untuk meneliti. Jika bisasanya menggunkannya harus diamati secara lansung melalui mikroscop. Adapun kelebihan Smart Mikroscop ini cukup hanya dengan melihat tampilan yang terdapat di layar komputer, dan memilki database.

“jadi, data yang diperlukan tidak terdapat di database maka, alat tersebut tersambung dengan internet. Ini sangat memudahkan dalam proses belajar mengajar, “ tambahnya.

Alat  Pendeteksi Banjir dan Smart Mikroscop merupakan temuan dari lima mahasiwa, jurusan Fisika Umri, yang tergabung dalam satu tim yakni, Andrius, Wahyu, Nurhalim, Sonya Gantami dan Rahmad.

Rektor Umri, Dr.Syafruddin Nasution, M.Sc, sangat memberikan apresiasi atas penemuan mahasiawa Fakultas Mipa & Kesehatan, “ini merupakan kreativitas yang positif, untuk kedepannya Umri akan bekerjasama dengan instansi terkait, karena ini sangat bermanfaat untuk meminimalisir kerugian kaibat bencana, ujar mantan ketua Lemlit Umri.

Sementara itu, Kepala badan Meterologi dan Geofisika Pekanbaru Blucher Doloksaribu sangat bangga dan salut dengan prestasi mahasiswa Umri. (Humas)